Tantei wa Mou, Shindeiru Volume 1 - 2 years ago one day

【2 years ago one day】


“Hm, hmm, hmmmm~”

Ini adalah hari yang terik dan panas, kami berjalan menyusuri hutan yang subur ketika gadis itu—rekanku—mulai bersenandung dengan penuh semangat.

“Tampaknya suasana hatimu sedang baik. Siesta”

Hari ini, kami mengejar 《SPES》, atau lebih tepatnya, dikejar oleh 《SPES》. Tapi, dia yang yang memproklamirkan diri sebagai detektif hebat ini tidak merasa khawatir sedikit pun.

“Seseorang yang tidak bisa bangkit ceria itu gagal sebagai orang dewasa.”

Siesta berhenti bersenandung, dan berkata begitu.

Tidak, kau ini bukan orang dewasa, kan... aku ingin membalasnya seperti itu, tapi aku tidak tahu usianya. Sepertinya dia merasa bahwa dia seharusnya tidak mengungkapkan identitas aslinya dengan mudah sebagai detektif hebat. Lagian, dia bahkan tidak memberitahukanku nama aslinya.

“Ngomong-ngomong, itu lagu apa?”

Dia setidaknya bisa mengungkapkan itu, itulah yang kupikirkan, jadi aku bertanya apa yang dia senandungkan.

“Lagu idol Jepang.”

“Jepang? Kau ini berkewarganegaraan mana?”

Yah, bagaimanapun juga, Siesta mungkin adalah orang Jepang.

“Tapi ini agak mengejutkan. Kau tertarik pada idol?”

“Sebagai seorang detektif, aku tidak bisa tidak diharapkan dalam menyanyikan lagu idol populer.”

“Sungguh, aku masih tidak tahu bagian mananya darimu yang mirip dengan detektif.”

Aku ingin menikmati waktuku menjadi detektif hebat! Bernyanyi, menari, melawan Homunculusdari waktu ke waktu!

.....Aku ingin memukulnya.

“Sebenarnya, tidak, aku akan mengatakannya sebagai seorang detektif, aku harus memperluas wawasanku. Sesuai dengan istilah yang disiratkan, ini berarti bahwa dari semua panca indera, penglihatan dan pendengaran adalah yang paling penting.”

Perluas wawasanmu ya... apa itu seperti kau merentangkan antena? Dan kemudian mata dan telingamu akan menangkap informasi. Begiitu ya.

“Yah, aku tidak peduli, lagian aku tidak berencana menjadi detektif.”

“Haaah, kau ini sama sekali tidak menggemaskan.”

“Bacot, jangan beri aku tatapan iba seperti itu.”

“Tapi yah, memang benar kau tidak bisa menjadi detektif.”

“Itu tentu saja, bukan?”

“Hmm, kau tidak akan bisa menjadi detektif. Kau akan selalu menjadi asisten seseorang.”

“...Nn? Begitukah.”

Pada saat itu, entah kenapa, mata Siesta tampak goyah.

“Sekarang, kita sudah sampai di tujuan kita.”

Tapi itu hanya sesaat, dan dia dengan cepat kembali ke penampilan kerennya yang biasa, menunjuk ke sebuah rumah besar yang seperti kastil kuno.

“Apakah di sana benar-benar ada 《Medusa》?”

Medusa—makhluk mitologi yang disebut-sebut mampu mengubah manusia menjadi batu. Rupanya, ada rumor bahwa monster seperti itu tinggal di rumah ini, itu sebabnya kami datang ke sini untuk menyelidikinya.

“Entahlah? Jika makhluk itu benar-benar ada, maka tidak diragukan lagi kalau itu akan menjadi level eksekutif 《SPES》.”

“Yah, kita tidak akan tahu jika kita tidak melihatnya secara langsung.”

Astaga, aku sudah cukup menghela nafas, dan malah menguap lebar... kemudian Siesta, berjalan di sampingku, menatapku dengan jeli.

“Apa?”

“...Tidak apa. Aku hanya berpikir kau mulai terbiasa dengan ini, itu saja.”

“Aku sendiri tidak ingin menjadi terbiasa.”

Sambil bersiul, kami menuju ke rumah bergaya barat dengan gagak di mana-mana.

 

“Wah, wah, maaf ya sampai mau repot-repot melakukan perjalanan jauh ke sini.”

Aku dan Siesta duduk di kursi, dan pria tua—pemilik rumah ini—menunjukkan senyuman lembut kepada kami.

“Di luar panas sekali, kan? Tapi aku minta maaf, sekarang AC-nya lagi rusak.”

“Tidak, kau tidak perlu mengkhawatirkan itu.”

Siesta sama sekali tidak meneteskan keringat, dan menjawab dengan tatapan dingin. Dia luar biasa seperti biasanya, dan untuk diriku sendiri, karena lelaki tua itu meminta maaf, maka setidaknya aku akan komplain kalau dia harus membuka jendela.

...Tapi syukurlah skenario terburuk tidak terjadi.

Sejujurnya, aku merasa pertarungan akan terjadi saat kami mengetuk pintu—tapi secara tidak terduga, aku dan Siesta justru mendapatkan sambutan. Kami datang ke sini karena mendengar rumor, tapi seperti yang tersirat dalam percakapan, kami disambut dengan hangat oleh pria yang menyebut dirinya tuan rumah ini.

Dan kemudian, kami dibawa ke ruang tamu untuk berbicara, semuanya demi menegaskan kebenaran tentang 《Medusa》.

“Nah, bolehkah aku menganggap kalau kau tahu tentang rumor itu?”

Siesta bertanya kepada tuan rumah dengan ekspresi dan sikap yang tegas.

“Ya, aku tahu. Aku telah mendengar rumor bahwa monster bernama Medusa yang mengubah orang-orang menjadi batu ada di rumah ini... Kurasa yang mereka bicarakan itu adalah putriku.”

Itu adalah anak tiriku, begitulah kata pemilik rumah dengan tatapan muram.

“Lantas, apakah rumor itu benar...!?”

“Tidak, itu suatu kesalahpahaman!”

Terhadap pertanyaanku, tuan rumah itu berdiri menyangkalnya.

“Sekitar dua tahun yang lalu, putriku mengalami kecelakaan... dia memang berhasil bertahan hidup,... tapi, hanya nyawanya yang terselamatkan...”

“—Gangguan kesadaran pasca-koma,”

Tuan rumah mengangguk getir menanggapi kata-kata Siesta.

“Putriku tidak memiliki kesadaran, dia tidak bisa bergerak, dan hanya bisa berkedip dan bernafas saja—dia seperti membatu! Jadi yang benar adalah sebaliknya! Putriku bukanlah Medusa... dia adalah korban dari monster fiksi yang disebut Medusa ini, seorang korban yang berubah menjadi batu!”

“...Jadi, itu semua hanyalah bahan bakar yang ditambahkan ke api, dan rumor terseebut menyebar dengan liar?”

“Aku yakin begitu.”

Saat aku bertanya, tuan rumah mengangguk ringan. Ruangan itu pun menjadi sunyi.

“...Aku minta maaf karena sudah bersikap tidak sopan pada kalian... Kurasa cuacanya terlalu panas. Aku akan menyiapkan minuman dingin.”

Sepertinya tuan rumah mencoba menenangkan diri, dan kemudian meninggalkan ruangan.

“...Sepertinya tidak benar, ya.”

Tampaknya insiden ini sama sekali tidak melibatkan 《SPES》... ini bukan cerita. Yah, karena tidak ada masalah yang tidak perlu, kurasa itu yang terbaik. Mari kita meminum minuman dingin dan kembali.

Panasnya tak tertahankan, jadi aku membuka dua kancing bajuku.

“Bagaimana kalau kau juga membukanya?”

“Kau ini tolol apa?”

“Aduh!”

Siesta menginjak kakiku dengan tampang tabah. Setidaknya melihatlah ke arahku dong....

“Ah, maaf membuat kalian menunggu.”

Tuan rumah kembali dengan nampan berisi beberapa gelas. Aku hendak berdiri dan mengambilnya, tapi—

“Aduh!!!”

Siesta menginjak kakiku lagi, yang membuatku tersandung dan akhirnya terjatuh. Tentu saja, gelas-gelas itu itu juga ikut jatuh, dan pecah ketika menghantam lantai.

“Siesta, apa yang kau lakukan!”

“Itu adalah balasan karena kau melecehkanku secara seksual tadi.”

“Tidak, bukannya kau sudah menginjak kakiku tadi?”

Namun, keluhanku tampaknya tidak mencapainya, dan Siesta justru mengeluarkan sapu tangan untuk menyeka pakaian tuan rumah yang ternodai minuman.

“Maafkan aku. Asistenku memang biasa ceroboh.”

Eh, kau malah menyalahkanku? Itu tidak masuk akal...

“Haha, tidak apa-apa... ini mungkin sedikit mendadak, tapi karena kita sudah tidak punya minuman, apa kalian ingin bertemu dengan putriku? Jarang-jarang ada tamu yang berkungjung. Dia pasti akan sangat senang jika bertemu dengan kalian.”

“Ya, tentu saja.”

Siesta tersenyum dengan senyuman yang sangat sopan.

 

“Mary, lihat, kau kedatangan tamu.”

Tuan rumah memandu kami ke sebuah kamar di lantai tiga, dan di sana ada gadis yang bernama Mary sedang tidur di ranjang yang mewah. Tubuhnya terlihat lemah, rambutnya pirang cerah, dan mata zamrudnya itu seperti mesin, satu terbuka dan satu tertutup, tampak serumit boneka—tidak tunggu, metafora ini tidak tepat. Mary memakai alat bantu pernapasan, berusaha semaksimal mungkin untuk bertahan hidup. Dia jelas bukan boneka.

Anehnya aku merasa sakit, bertukar tempat dengan Siesta, dan memalingkan kepalaku. Aku mulai mengalami kesulitan bernapas, mungkin karena merasa bersalah.

“Ahh, Mary yang malang. Padahal kau sangat cantik, namun orang-orang di luar hutan justru menyebutmu monster. Mereka sangatlah kejam.”

Tuan rumah menutupi wajahnya saat dia meratapi tragedi yang menimpa putrinya.

...Tentu saja, aku jadi mengerti mengapa kunjungan kami disambut dengan baik. Bahkan seorang detektif hebat pun akan mengerti bahwa putrinya bukanlah monster Medusa. Dan dia berharap kesalahpahaman ini bisa diperbaiki.

“Ya, kami akan bertanggung jawab dan memberi tahu orang-orang di luar hutan bahwa semua yang dirumorkan itu adalah palsu...”

Aku mengatakan itu, dan hendak mendekati tuan rumah—tapi sebelum aku menyadarinya, aku menemukan lantai memasuki penglihatanku secara langsung.

...Lantai? Apa aku terjatuh? Kenapa?

Untuk beberapa alasan, tubuhku menjadi mati rasa.

“Karena itulah, Mary, semuanya baik-baik saja sekarang. Aku akan menambahkan beberapa teman lagi untukmu.”

...Apa yang dia katakan?

Aku berusaha keras untuk menoleh, dan menatap tuan rumah.

Dia tersenyum.

“Haha, hahaha. Tenang saja, ini sama sekali tidak akan menyakitkan, jadi jangan takut.”

Mengatakan itu, dia mengeluarkan jarum suntik dari sakunya... Aku tidak tahu apa yang dia pikirkan, tapi dia menusukkan jarum suntik itu ke lengan kanannya sendiri.

“Apa kau pikir dirimu yang akan disuntik? Haha, ini adalah penawarnya, tahu. Bagaimanapun juga, ruangan ini dipenuhi dengan racun.”

Apa...? Jadi alasan kenapa tubuhku mati rasa karena...

“Sebentar lagi, tubuhmu akan lumpuh, dan kau hanya akan bisa bernapas. Pada saat yang sama, kau tidak akan mati, dan akan terus menderita kesakitan!”

......Begitu ya, jadi itu sebabnya jendelanya ditutup... dan juga, dia sebelumnya bilang kalau Mary bisa bernapas, tapi Mary justru memakai alat bantu pernapasan. Itu dimaksudkan untuk melindunginya dari racun... Aku seharusnya tahu bahwa ada sesuatu aneh di sini...

“Sekarang kau dan detektif hebat itu akan menjadi teman Mary... teman...”

Tapi tuan rumah itu tiba-tiba menyadari ada sesuatu yang salah. Dia melebarkan matanya, seolah-olah dikejutkan oleh sesuatu... dan segera, dia juga tergeletak di lantai, sama sepertiku.

“K-kenapa...?”

Dia menjerit putu asa. Dan kemudian, muncul di sampingnya... secara alami, adalah orang yang kuharapkan.

“Tenanglah.”

Dia menahannya dengan borgol yang biasa dia bawa, dan menembakkan senapan yang disembunyikannya ke arah jendela untuk memecahkannya... dengan ini racunnya akan menyebar ke luar.

Setelah itu, detektif hebat itu akhirnya berbalik, dan berkata kepadaku yang tergeletak di atas lantai.

“Kau ini tolol apa?”

Jadi itu sebabnya dia menginjakku dua kali.

 

“Jadi, kau sudah tahu kalau orang itu menargetkan kita.”

Secara alami kami segera melapor ke pihak yang berwenang, menyelesaikan semuanya, dan meninggalkan rumah bergaya barat tersebut. Tubuhku masih sedikit mati rasa, jadi Siesta menggendongku di punggungnya saat aku bertanya padanya.

“Begitulah. Aku sangat terkejut ketika kau benar-benar berencana untuk meminum minuman yang jelas-jelas beracun itu.”

“Maaf...”

Kemungkinan minuman itu juga diracuni, jadi Siesta menginjak kakiku untuk melindungiku... tapi memangnya dia tidak bisa melakukannya dengan cara yang lebih baik?

“Jadi sebelumnya... saat kau menyeka bajunya dengan sapu tanganmu, kau sudah mencuri penawar racunnya.”

“Tentu saja. Aku tidak terpengaruh racun karena aku telah menggunakan itu.”

Selalu bertindak sendiri seperti biasanya, dan semuanya juga diselesaikan seorang diri... yah, kurasa itu agak tidak tepat, itu justru merupakan kesalahanku karena tidak bisa mengingambinya.

“Tapi tentu saja, itu hanya bukti tidak langsung. Aku menjadi yakin saat melihat mata Mary.”

“Mata Mary? Bukannya dia tidak sadarkan diri.”

“Tidak, dia terus berkedip-kedip, dan itu membuatku bingung. Itu adalah gerakan yang ritmis, seperti robot... tapi jelas kalau ada kemauan di dalamnya. Kurasa dia ingin mengungkapkan kesalahan ayah tirinya.”

Kekurangan itu didorong oleh kegilaannya sendiri, dan dia menjadi tidak pernah memperhatikan tanda dari putrinya yang berharga. Agak disayangkan... ini adalah tragedi yang nyata.

“Tapi tetap saja, kau jeli juga ya.”

“Kau ini tolol apa?”

“Itu sudah yang ketiga kalinya untuk hari ini, tahu. Sungguh, tidak masuk akal...”

Tapi yah, aku tidak bisa menyangkalnya.

“Apa kau lupa apa yang kukatakan saat kita dalam perjalan ke rumah bergaya barat itu? Itu penting untuk memperluas wawasan kita, dengan melatih penglihatan dan pendengaran kita. Misalnya, kau harus lebih peka terhadap tatapan manusia.”

“Begitu ya. Seperti yang diharapkan dari detektif hebat.”

Keterampilan tersebut mungkin akan sangat penting untuk pertahanan diriku di masa depan.

“Siesta.”

“Hm?”

Jadi, aku harus mulai memperluas wawasanku, seperti yang Siesta katakan kepadaku.

“Apa kau keberatan memberi tahuku nama idol yang lagunya kau senandungkan sebelumnya?”

Untuk suatu alasan, Siesta terlihat puas, dan kemudian menjawabku sambil menoleh ke samping.

“Namanya adalah──”



1 Comments

Previous Post Next Post