Tantei wa Mou, Shindeiru Volume 1 - Bab 1 Bagian 10

Bab 1 Bagian 10
Misteri Hidup Bersama dengan Fantasi Fiksi Ilmiah


“......Ugh.”

“Siesta!”

Aku bergegas menuju Siesta, yang berlutut karena telah melindungiku.

“Kuu, seharusnya aku tidak mempekerjakan asisten... kau sama sekali tidak berguna dari tadi...”

“Itu tidak masuk akal! Kau sendiri yang mempekerjakanku secara paksa!”

Tapi aku juga merasa bahwa aku memang tidak berguna!

Tidak, ini bukan waktunya untuk melakukan perselisihan yang tidak berarti ini.

“Apa-apaan ini...”

Tentakel yang berasal dari telinga kanan Komori bergerak-gerak seperti itu memiliki kehendak sendiri. Warnanya campuran dari hijau tua dan ungu, dan itu terlihat sangat misterius. Itu terlihat gesit, dan aku tidak tahu seberapa luas jangakauannya.

“《Homunculus》.”

Menekan luka yang ada di bahunya, Siesta berdiri terhuyung-huyung.

“Pria itu adalah anggota dari organisasi rahasia 《SPES》. Mereka menciptakan 《Homunculus》 melalui kecerdasan yang melebihi manusia normal, dan mengancam dunia dari bayang-bayang.”

“《Homunculus》...itu mustahil? Kalau begitu, Komori ini...”

Dia bukan manusia? Tapi monster?

“Itu hanya《telinga》-nya saja, dia mencuri sampel tes dan kemudian memasangnya di tubuhnya—dengan kata lain, dia adalah setengah homunculus.”

“Siesta, bagaimana kau bisa tahu tentang hal-hal seperti itu...”

“Lalu, sebagai hukuman untuknya yang mengkhianati organisasi, dia diperintahkan untuk melakukan ini.”

“Aku serius, Siesta, bagaimana kau bisa tahu sebanyak ini!?”

Dia bukan salah satu dari mereka, kan?

Dan saat itu, keraguanku terputus oleh suara keras Komori.

“Begitu ya, jadi kau juga tahu hal itu? Tampaknya aku harus membawakan mayatmu sebagai persembahan!”

《Tentakel》 itu mengamuk lagi, dan meluncur ke arah kami.

“Asisten, berpeganglah padaku.”

“Hah? ......woah!”

Tubuhku terbang.

Tidak, Siesta memelukku dan melompat tinggi untuk menghindari serangan musuh.

Aku bisa merasakan rambut putih bersihnya menggelitik pipiku.

Namanya adalah Siesta yang berasal dari tidur siang.

Dan sekarang, ini benar-benar pemandangan surealis, layaknnya di luar lamunan mimpi.

“Kau, apa kau manusia?”

“Kau ini goblok ya? Apa aku terlihat seperti monster?”

“Yah, kau cukup terlihat seperti monster.”

“...Kau ini pasti tidak populer kan?”

Tapi ini bukan waktunya untuk saling mengejek seperti itu.

Dengan keributan seperti ini, tidak mungkin enam ratus penumpang yang ada di dalam pesawat tidak menyadarinya,

“O-oy! A-apa itu!?”

“Kyaaaaaaa!!”

Para penumpang datang untuk melihat-lihat, dan kemudian, jeritan dan geraman bergema di seluruh pesawat.

“P-Penumpang yang terhormat! Harap tenang dan jangan panik!”

Pramugari dengan riasan yang luntur itu pun mencoba untuk menenangkan para penumpang.

Tapi dalam sekejap mata, ada pemandangan yang mengerikan di pesawat itu.

“A-ah, kalau sudah begini, aku akan membunuh semua manusia yang merepotkan.”

“Tsk, jangan terlalu cepat mengambil keputusan! Jika itu terjadi, kau akan mati saat pesawat ini jatuh, tahu!”

“Hah, aku akan membiarkan pilotnya tetap hidup. Lagian, kau ini siapa?”

“Aku adalah asisten detektif hebat itu!”

Ah sial, aku benar-benar memperkenalkan diriku. Mencoba berbaur benar-benar menakutkan.

“Heh, kau benar-benar menyebutku detektif hebat. Aku punya murid yang baik rupanya.”

“Aku hanya menyebut itu karena memang berkesan. Dan juga, aku bukan muridmu, aku asistenmu.”

Ah sial, lagi-lagi. Apa-apaan dengan teknik yang mengumpan itu?

“...Tapi tetap saja, apa-apaan dengan benda-benda itu? Kau barusan menyebutnya 《Homunculus》, kan?”

Sementara Siesta terus memelukku dan menghindari serangan Komori, aku bertanya padanya,

“《Homunculus》 adalah monster yang dibentuk dari sesuatu yang disebut 'inti'. Baginya, itu adalah telinga, tapi ada banyak lagi yang bertarung dengan senjata seperti 'mata', 'hidung' dan 'gigi'.”

“...Tunggu Siesta, apa sampai saat ini kau sudah bertarung melawan monster-mosnter seperti itu?”

“Ini adalah pertama kalinya aku bertarung satu lawan satu seperti ini. Tapi tetap saja, kau ini benar-benar tidak tahu apa-apa ya.”

“Anak SMP yang teladan sepertiku jelas tidak akan tahu tentang hal-hal seperti itu di dunia ini.”

“Memangnya ada anak SMP yang membawa koper misterius ke luar negeri?”

“Astaga, seberapa banyak kau mengetahuinya...?”

Apa aku dimata-matai atau semacamnya...?

Dan lagi, koper itu tidak ada hubungannya dengan kasus kali ini, kan? Aku benar-benar tidak tahu apa-apa, tahu?

“Lalu, apa tujuan orang-orang itu... membajak pesawat dan menyatakan perang terhadap Jepang atau semacamnya?”

“Dalam bahasa latin, arti nama 《SPES》 adalah 《Harapan》——mereka bertujuan untuk menyebarkan 《Pertolongan》 ke mana-mana.”

Mengatakan itu, Siesta terus memelukku dan melompat-lompat.

“Itu terdengar seperti sekte yang mencurigakan...”

Dan pada saat berikutnya, 《Tentakel》 Komori yang tajam menusuk ke lantai tempat kami berada.

Kami berada di ketinggan sepuluh ribu meter di atas permukaan laut──jika pesawat ini tertusuk dan berlubang, cerita ini akan berakhir di jilid pertama.

“Aku tidak menyangka kalau Jepang akan memiliki keberadaan yang akan mengancam kami seperti ini.”

“Sebagai detektif, kerahasiaan adalah suatu hal mendasar bagi kami. Aku yakin, kalau sampai saat ini, rekan-rekanmu tidak pernah memperhatikan keberadaanku.”

Siesta dengan santai mengejeknya.

Tapi dari jarak sedekat ini, aku bisa tahu dari napasnya, bahwa Siesta sangat lelah.

Itu wajar saja, lagian dia bertarung sambil melindungiku yang merupakan beban.

“Haha, maka hari ini, kau akan kehilangan pentingnya bertindak secara rahasia.”

“Begitukah? Tapi kau kan tidak bisa kembali ke organisasimu? Kalau begitu, kau juga tidak akan bisa bertukar informasi dengan mereka.”

“Yah, entahlah? Mungkin aku bisa mengubah pikiran orang-orang yang gegabah itu jika aku menggunakan informasi tentangmu sebagai umpan.”

“Apa mereka sampai sebegitu naif untuk mempercayai informasi tersebut?”

“Ha, kau berbicara seolah kau mengenal mereka dengan baik.”

Layaknya ular yang terbang di angkasa,《Tentakel》 yang tajam itu terbang menuju Siesta.

Kami berada di dalam pesawat, dan dia hanya bisa bertahan tanpa memiliki senjata untuk bertarung. Jika terus seperti ini, kami akan dikalahkan.

“Ada apa? Kau jadi mulai kelelahan tahu?”

“...Padahal aku sudah berusaha sebaik mungkin untuk tidak menunjukkan itu.”

Dan untuk pertama kalinya, Siesta menunjukkan ekspresi muram.

“Haha, 《telinga》 ini adalah pesanan khusus. Sel pendengaran di ujung tentakel ini dapat mendengar setiap detak jantung dalam jarak seratus kilometer.”

“...Sepertinya aku tidak memiliki cukup informasi. Aku benar-benar tidak bisa menyembunyikan suara detak jantungku.”

Tidak peduli seberapa kuat detektif hebat itu, dia tidaklah mahakuasa. Di dahinya terdapat keringat yang bercucuran.

Tapi pada saat ini, aku tidak dapat melakukan apa pun...

“Jika saja aku memiliki senjata atau semacamnya.”

Sekalipun kau mengatakan, kita ini berada di ketinggian sepuluh ribu meter.

Tidak mungkin kita bisa mendapatkan senjata dari tempat lain. Bahkan sejak awal, kita tidak bisa membawa benda tajam ke dalam pesawat. Dan juga, tidak mungkin ada orang yang akan memasukkan senjata ke dalam kopernya...

...Tunggu, ada satu orang.

“Siesta, ulur waktu untukku selama 30 detik.”

“Asisten?”

“Aku punya ide.”

Pada saat seperti ini, atau lebih tepatnya, itu karena saat-saat seperti inilah pemikiranku mulai bekerja dengan cepat.

Itu adalah kecenderungan menyusahkan yang selalu melekat di diriku.

Mungkin saja aku justru mengalami lebih banyak situasi pembantaian daripada memakan roti dalam hidupku.

Dan naluri ini jelas merupakan pemahaman terbaik yang kuperoleh dari pengalaman masa laluku.

“Aku mengerti. Yang jelas, lakukanlah sesukamu, lagian sejak awal kau tidak tidak membantu apa-apa.”

“Setidaknya biarkan aku terliat keren lah!”

Setelah bercanda seperti itu, aku berlari kembali ke tempat dudukku.

“Minggir! Minggir!!”

Aku terus menghindari penumpang yang kebingungan dan panik, dan kemudian mengambil koper yang kuletakkan di bagasi di atas tempat dudukku.

Tentu saja, aku tidak tahu apa isinya.

Aku tidak tahu apakah benda yang ada di dalam koper akan berguna atau tidak dalam situasi ini.

Aku tidak tahu apakah kucing di dalam kotak itu hidup atau mati.

Tapi ketika aku melakukan pemeriksaan bagasi di bandara, aku melihat para staf saling bertukar pandang.

Ada sesuatu yang mengkhawatirkan tentang keamanan bandara Jepang,... tapi itulah mengapa aku bisa mengambil pertaruhan ini.

“Siesta! Ambil ini!”

Tidak ada waktu untuk kembali ke tempatnya, jadi dengan sekuat tenaga aku melemparkan koper perak besar itu ke medan perang.

“Kuh! Tidak akan kubiarkan!”

Memperhatikan ini, Komori mengabaikan Siesta yang berlumuran darah, dan menusukkan 《tentakel》-nya hingga menghancurkan koper tersebut—namun berkat itu, Siesta dapat menangkap barang yang ada di dalam koper.

“Kerja bagus, Asisten.”

Siesta—yang menangkap senapan, menembak jatuh tentakel Komori.

“Gahhhh!!!”

Pertaruhannya berhasil.

Cairan aneh berterbangan ke mana-mana, dan 《tentakel》itu kembali ke telinga Komori.

Namun Siesta tidak berhenti di situ saja, dia segera mendekati Komori, dan memasukkan senapan itu ke tenggorokannya—

“Bam!”

Dia menirukan suara tembakan.

Komori tampak kebingungan, dan Siesta berkata dengan tenang,

“Yap, sekarang kau sudah mati.”

Apa yang kau bicarakan? Itulah ekspresi yang Komori tampilkan.

Aku sendiri tidak mengerti apa yang baru saja terjadi. Dia tidak melakukan serangan terakhir...?

“Sekarang kau tidak akan menjadi sasaran rekan-rekanmu lagi. Lagian, sekang kau sudah mati.”

“...Apa kau mempermainkanku?”

Siesta mengeluarkan senapan dari mulutnya, dan Komori mengertakkan giginya.

“Tapi kau tidak mau mati, kan?”

“...Haa, kurasa aku tidak punya pilihan lain sekarang. Aku kalah darimu padahal aku hanya umpan. Tidak diragukan lagi aku akan disingkirkan.”

“Kau tidak perlu khawatir. Nanti media akan melaporkan kematianmu.”

“Kau... siapa kau sebenarnya...”

“Kemudian nanti kau akan disembunyikan oleh polisi Jepang. Tidak perlu khawatir, ada orang yang bisa diandalkan.”

Komori tertawa seolah dia tercengang... dan sejujurnya, aku juga merasakan hal yang sama.

Siapa sebenarnya gadis ini... .dia menyebut dirinya detektif, tapi apa itu benar?

“Kau akan menyesal jika tidak membunuhku sekarang.”

“Kenapa?”

“Karena aku ini pendendam. Kau telah mempermainkanku hari ini, jadi aku akan membalaskan dendam ini.”

“Itu mustahil.” Siesta melepaskan Komori, dan kemudiam melanjutkan, “Aku baru saja menembakmu dengan 《peluru merah》 yang terbuat dari [darah]-ku, tahu? Siapapun yang menyentuh darah ini tidak akan bisa melanggar perintah tuannya—tentakelmu itu tidak akan pernah bisa menyerangku lagi.”

“...Astaga, logika apa coba itu?”

“Oh, itu rahasia.”

“Kau juga seorang yang dipekerjakan?”

Siesta, yang ditanyai seperti itu, menjawab dengan senyum tipis,

 

“Tidak—aku terlahir untuk menjadi seorang detektif hebat.”

 

Oh begitu ya, jadi di dunia ini ada manusia dengan DNA yang lebih buruk dariku.

...Tapi mengesampingkan itu,

“Maaf menghentikan pembicaraan pentingmu, Siesta.”

Aku memperhatikan sesuatu yang membuatku penasaran dalam percakapan, dan memutuskan untuk bertanya padanya.

“Jika yang tadi itu adalah peluru modifikasi yang kau sebutkan... kapan kau punya waktu untuk membuat dan memuat peluru tersebut?”

Aku melempar koper ke arahnya, dan Komori menghancurkannya... Siesta menangkap senapan yang jatuh dari koper itu, menodongkannya ke 《tentakel》, dan menembaknya... apakah dia punya waktu untuk melakukan hal tersebut dalam waktu sesingkat itu?

Tidak, tunggu, itu mustahil.

Kalau memang begitu, berarti peluru itu memang sudah dimodifikasi dan dimuat sebelumnya... dan Siesta sudah tahu tentang itu.

Aku punya firasat buruk tentang ini, dan Siesta menunjukkan tatapan hangat kepadaku.

“Akulah yang menginstruksikanmu untuk membawa koper tersebut ke dalam penerbangan.”

“Jadi sejak awal, aku sudah menari di atas telapak tanganmu!?”

 

Dengan begitu, tiga tahun petualangan aneh kami pun dimulai.



2 Comments

  1. Siesta chiken nuggets nih boleh juga ya otak w diawala ga ngeh tapi pas chap ini langsung daoet semua

    ReplyDelete
Previous Post Next Post