Tantei wa Mou, Shindeiru Volume 2 - Bab 3 Bagian 3

Bab 3 Bagian 3
Keseharian sang detektif pengganti, Alicia


Keesokan harinya.

“Oke, kalau gitu, kita pergi sekarang!”

Saat ini, kami sedang berada di sebuah jalan di pusat kota, dan di sana terdapat seorang gadis yang sedang berjalan dengan suasana hati yang sangat riang.

Di sisi lain, aku, dengan lesu membungkukkan punggungku saat aku mengikuti atasan baruku.

“Ayolah, semangat dikit dong!”

“Kaunya aja yang terlalu bersemangat.”

“Heh?”

Heh? Untuk apa ‘Heh’ itu? Jangan memiringkan kepalamu dengan bertingkah sangat imut.

“Yang mau kubicarakan saat ini adalah penampilanmu itu.”

Kini, pada dasarnya Alicia mengenakan kostum detektif hebat. Jas model mantel sederhana, topi seorang pemburu, dan sesuatu yang seperti tongkat cerutu, atau kenyataannya adalah tongkat permen.

“Ya ampun, kau menaruh terlalu banyak perhatian pada citramu.”

“Tapi, Siesta-san juga seperti ini, kan?”

Kau juga ya, Siesta? Itu suatu sejarah yang lumayan untuk seorang detektif hebat.

“Tapi tetap saja, kau benar-benar bersedia menjadi detektif pengganti, ya?”

“Jelas dong!”

Meletakkan tangannya di pinggulnya, Alicia menyerukan itu dengan tampang yang gembira.

Ya, pada akhirnya, kesimpulan dari percakapan kami adalah—sebagai ganti agar Alicia bisa mendapatkan makanan, pakaian, serta tempat tinggal, dia akan melakukan pekerjaan seorang detektif menggantikan posisi Siesta.

Dan saat ini, kami sedang mencari sesuatu yang Fuubi-san sebut sebagai 《Mata Safir》. Rincian pastinya aku tidak begiu tahu, tapi yah, pertama-tama kami harus pergi keluar untuk menyelidikinya, jadi sekarang kami pergi untuk melakukan penyelidikan.

“Pokoknya, ayo pergi!”

Alicia menyatakan itu dengan penuh semangat, dan tiba-tiba menghilang dari pandanganku.

“Hah? ......Oi, tunggu!”

Sebelum aku menyadarinya, untuk suatu alasan, Alicia sudah berlari di atas aspal dengan kecepatan penuh. Dengan tergesa-gesa aku segera mengejarnya yang terpaut sekitar seratus meter, sebelum akhirnya aku berhasil menyusulnya.

“......Haa...... haa, kenapa kau malah lari...”

Namun Alicia mengabaikan keluh kesahku, dan kemudian,

“Loh, kan lari-lari itu menyenangkan.”

Dia terlihat sangat bersemangat, seolah-olah dia tengah berlari di pinggir pantai untuk pertama kalinya dalam hidupnya. Senyumannya itu sama hangatnya seperti cahaya matahari musim panas..., tapi yah, aku benar-benar berharap dia mau meluangkan sedikit waktunya untuk mau memikirkan perkataanku.

“...Hei, gadis dari negeri ajaib yang bahkan tidak tahu dari mana asalnya sendiri. Itu memang bagus bagi dirimu untuk memiliki rasa keingintahuan yang kuat, tapi kuharap kau bisa sedikit menahan diri dan mau mendengarkanku.”

Aku menampilkan senyum masam, lalu meletakkan tanganku di kepala Alicia.

“Selain itu, polisi yang berambut merah itu sempat bilang, kan? Kalau keamanan di sekitar sini tuh tidak baik. Kau tidak boleh pergi berkeliaran sendirian.”

Menurut hipotesis Siesta, besar kemungkinan kalau Hel sedang berada di London, dan dia menggantikan posisi Cerberus dalam menyerang kota ini. Nah, yang terpenting di sini adalah, aku tidak tahu pasti apakah aku atau Siesta yang diincar oleh Hel..., karenanya, perlu bagi kami untuk bertindak dengan hati-hati.

“Iya, iya, aku mengerti, jadi jangan perlakukan aku seperti anak kecil!”

Yah, pada dasarnya dia ini mengatakan sesuatu yang anak kecil akan katakan.

“Bagus, anak baik. Ayo pergi.”

“Hmm..., ngomong-ngomong, kenapa kau harus memegang tanganku? Lagi-lagi aku diserang oleh tindakan yang natural seperti ini!”

“Baiklah Alicia, pegang kuat tanganku saat kau menyeberang jalan.”

“Loh, kok aku terlihat seperti gadis berusia tiga belas tahun di sini!? Ah tidak, aku ini tujuh belas tahun! ...Mungkin.”

Sepertinya dia juga mengalami kehilangan ingatan tentang itu. Dia menggumamkan bagian terakhir itu dengan pelan tanpa rasa percaya diri.

“Hmm ya, menurutku usiamu itu seperti yang kelihatannya.”

Begitu kami menyeberang jalan, Alicia segera pergi ke depan jendela toko, melihat dirinya dalam pantulan cermin, dan mencubit pipinya yang seperti marshmallow sambil memiringkan kepalanya dengan intrik.

“Baiklah, ayo pergi. Jika Siesta sampai tahu bahwa kita cuman berkeliaran, dia akan memanggang pantatku lagi............ahh”

“......Pantat, apa? Selain tu, apa maksudmu dengan ‘lagi’? Apa yang biasanya kalian berdua lakukan......”

Kami melakukan percakapan yang menarik seperti itu, dan entah untuk alasan apa, tempat yang pertama kali kami datangi adalah toko batu permata.

Tentunya, itu bukanlah saran dariku. Detektif hebat pemula inilah yang menyarankan supaya kita mencari safir itu di sini. Sesederhana itulah.

Begitu kami memasuki toko, Alicia langsung lari. Dia sudah seperti kucing yang habis melihat sesuatu yang berkilauan.

“Kimizuka! Ketemu!”

Dengan sangat bersemengat, dia meneriakkan itu padaku. Para pengujung lain di sekitarnya terkikik, dan aku sangat berharap dia mau untuk berhenti berteriak-teriak seperti itu.

“......Ah, begitu ya.”

Batu permata yang memancarkan warna biru laut memiliki besaran yang berbeda dari yang kubayangkan.

“Kasus selesai!”

Alicia menunjukkan tanda peace dengan penuh kemenangan, “Kami akan membelinya secara tunai!” dan kemudian dia mengatakan itu kepada staf.

“Tunggu, tunggu! Apa kau mau membelikan ini untukku!?”

“Eh, kita tidak sedang membeli?”

“Kita tidak punya uang!”

“......Kimizuka, apa kau ini orang miskin?”

Bacot. Jangan memberiku tatapan yang merasa kasihan seperti itu.

“Lagian, batu itu cuman batu permata biasa. Yang sedang kita cari itu sesuatu yang lain..., kemungkinan besar itu diperdagangkan di pasar gelap bawah tanah atau semacamnya.”

“Bawah tanah, ya... Oke, aku mengerti!”

Mengatakan itu, Alicia meraih tanganku dan menyeretku keluar dari toko.

“Kau pasti tidak mengerti! Kau sama sekali tidak mengerti, jadi berhenti menarikku...”

Dan lagi-lagi, aku diseret dalam kecepatan penuh. Dan seperti yang tadi kubilang, kami pergi ke bawah tanah—toko di ruang bawah tanah di sebuah bangunan multi-sewa tua di tengah gang. Di sini hanya ada aura-aura yang mencurigakan, dan begitu kami membuka pintu yang berat, aku bisa melihat berbagai tanaman kering serta wewangian tergantung di rak baja. Seorang staf pria dengan tindik di wajahnya sedang menghisap sesuatu seperti pipa dan menghembuskan napas.

“Pasti inilah tempatnya!”

“Otakmu itu pasti berada di tempat yang salah.”

...Yang lebih penting lagi, bagaimana bisa kau begitu bersemangat? Apa kau tidak mengetahui situasimu sekarang?

Padahal pas kemarin, dia sangat terguncang saat dia menyadari kalau dia kehilangan ingatannya, namun sekarang, dia telah sepenuhnya menerima pekerjaan seorang hebat, dan menyambut sosok dirinya yang baru. Tapi yah, mungkin ini jauh lebih baik untuk hatinya daripada dia harus terus bersedih....

“Nn, ini sepertinya manis.”

“Oy, ayo kembali, jangan pergi ke sana!”

Aku segera menyeretnya kembali ke permukaan. Kami telah berpegangan tangan sepanjang waktu...

“Haa, aku lelah.”

Kendati dikatakan aku sedang melakukan penyelidikan, ini rasanya seperti aku sedang mengasuh anak kecil. Alicia sama sekali tidak menyadari penderitaanku, karena dia kemudian berlari di depanku.

“Ini sangat menyenangkan.”

“Ya, menyenangkan.”

Astaga, aku benar-benar tidak bisa mengatakan apa pun yang terkesan sarkastik ketika dia tersenyum seperti ini.

“Ini sudah lama sejak aku pergi keluar seperti ini.”

“Begitu ya,”

......Hm, sudah lama? Apa maksudnya?

“Eh?”

Menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh dalam perkataannya sendiri, Alcia berhenti berlari lalu mengerutkan keningnya.

“Hah, kok aku berpikir kalau ini adalah momen yang langka?”

“Mungkin itu karena sepanjang waktu kau hanya tinggal di dalam tempat tertentu? Mungkin saja, itu rumah sakit?”

Kemungkinan ketika dia tengah dirawat di rumah sakit, dia harus meninggalkan ruangannya karena situasi tertentu, berkeliaran di sekitar jalanan, dan terjatuh..., jika demikian, situasinya akan sedikit berbeda. Haruskah aku pergi ke rumah sakit untuk menyelidiki?

“Hmm, entahlah..., entah kenapa, saat aku mencoba mengingatnya...”

Tampaknya dia tidak berbohong. Mungkin untuk sekarang, aku harus mengamatinya lebih dulu.

“Kau tidak perlu memaksakan dirimu untuk mengingatnya.”

Mungkin kasus ini akan bisa diselesaikan dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Begitu Siesta pulih sepenuhnya, kami akan bisa melakukan lebih banyak hal.

“Ah.”

Migrain Alicia tampaknya sudah mereda, karena dia kemudian lari ke arah lain.

“Apa yang kau lihat?”

Itu adalah kios luar ruangan. Terdapat tikar yang diletakkan di atas trotoar batu, dan beberapa aksesoris buatan tangan juga diletakkan.

“Yang ini.”

Alicia menunjuk ke arah Safir..., atau lebih tepatnya, sebuah cincin dengan batu biru yang menyerupai itu.

“Itu terlihat sepeti yang sedang kita cari, tapi itu sedikit berbeda.”

Aku tidak bisa mengatakan bahwa itu adalah ‘palsu’ di depan pemilik toko, jadi aku hanya bisa membuat kata-kataku tidak jelas.

“Begitu ya. Jadi bukan itu juga?”

Dengan raut sedih, Alicia merosotkan bahunya. Dia sungguh gadis yang ekspresif.

“Yah, lagian itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk ditemukan.”

Aku mengatakan sesuatu yang menghibur padanya.

Tapi, mungkin faktanya—kami tidak akan bisa menemukan Mata Safir tersebut. Tidak, malah sejujurnya, tidak apa-apa sekalipun kami tidak dapat menemukannya.

Lantas, mengapa Siesta menyerahkan pekerjaan ini pada Alicia—itu hanyalah 1% dari rencananya. Dia ingin agar Alicia mengabaikan semua kekhawatiran yang dia miliki dan mengandalkan kami. Dia mau Alicia mencari Mata Safir sebagai pengganti dirinya, sambil juga memberikan bayaran yang setara dengan menyediakan makanan, pakaian, serta tempat tinggal—karenanya, dia hanya memanfaatkan apa yang Fuubi-san sebutkan. Siesta juga merupakan orang yang cukup lurus hati, dan sebenarnya bisa memedulikan orang lain.

“Baiklah, kita harus pulang sekarang..., eh, dimana dia?”

Dan seperti sebelumnya, Alicia sudah pergi sebelum aku menyadarinya.

“Tampaknya mencarinya akan jauh lebih sulit daripada mencari batu Safir...”

Aku bertanya kepada pemilik toko menggunakan kontak mata, dan dia menunjuk ke arah kiriku.

“......Sial, aku lupa.”

Satu tugas hilang dan tugas lainnya muncul. Tampaknya hari-hari yang sibuk akan terus berlanjut.



1 Comments

Previous Post Next Post